HomeBisnisGoogle

Google Beli Jambool – Perang Media Sosial Dimulai

Facebook Beli Situs Sosial HotPotato
Superkomputer dari Southampton
Modular Data Center Baru Dari Dell

Akuisisi yang dilakukan Raksasa mesin pencari Google membuktikan bahwa google tidak menyerah dalam jejaring sosial, walaupun beberapa waktu lalu google mengalami kemunduran.

Google telah membeli platform mata uang virtual yakni Jambool, sebuah langkah yang akan jadi bahan bakar bagi Google merebut di dunia jejaring sosial. Chief Executive Jambool vikas Gupta dan Chief Technology Officer Reza Hussein mengukuhkan kesepakatan yang dilakukan Jumat lalu di website perusahaan. “Kami sangat senang mengumumkan bahwa Jambool menjadi bagian dari keluarga Google saat ini,” tulis para pendiri. Mereka menambahkan, “Permainan baru saja dimulai.”

Jambool dimulai pada tahun 2006 dan setahun kemudian mengalihkan fokusnya ke situs jaringan sosial dengan membuat platform mata uang virtual yang disebut Gold Sosial. “Seiring dengan sukses, kami menemukan cara menyenangkan dan menguntungkan untuk menguangkan aplikasi kami – khususnya mata uang virtual dan barang. Itu mendorong kami untuk menciptakan sebuah platform untuk membantu pengembang untuk mengelola uang virtual mereka,” tulis para pendirinya.

Pesaing utama Jambool adalah Facebook Kredit, platform mata uang virtual milik Facebook. Facebook Kredit mengambil memotong 30 persen dari pendapatan yang diterima, sedangkan Jambool mengambil 6-10 persen per transaksi. Ini adalah wajib bagi pengembang untuk menggunakan Facebook kredit untuk monetisasi.

Google sendiri selama tahun 2010 ini telah mengakuisisi 18 perusahaan, rumornya perusahaan tersebut adalah pendukung bagi situs jejaring sosial. Sebelum membeli Jambool seharga $ 70.000.000, Google merebut Slide antara $ 180 juta dan $ 230 juta. Slide adalah perusahaan media yang mengembangkan permainan, widget, dan aplikasi yang dirancang khusus untuk digunakan di media sosial, dan bertanggung jawab untuk aplikasi seperti Facebook SuperPoke. Google juga investasi antara $ 100 juta dan $ 200 juta dalam Zynga, perusahaan yang bertanggung jawab untuk Farmville dan Mafia Wars.

Dan kini siapa menghadapi pertarungan di jejaring sosial dengan hadirnya raksasa mesin pencari google.

Diterjemahkan secara bebas dari : NetworkWorld.Com

[Copy]