Lebih 500 Ribu Pengguna Android Mengunduh Aplikasi Malware Joker Di Google Play Store

HomeSoftware

Lebih 500 Ribu Pengguna Android Mengunduh Aplikasi Malware Joker Di Google Play Store

WhatsApp Bakal Tidak Berfungsi Di Sejumlah Android Dan IOS, Ini Daftarnya
Chrome Kali Pertama Ubah Logo Setelah Delapan Tahun
Celah di Whatsapp Versi Android dan iPhone Disusupi Spyware

Aplikasi Android berbahaya telah diunduh lebih 500.000 pengguna dari Google Play Store, aplikasi ini secara tersembunyi terdapat Malware Joker. Aplikasi ini yang memindahkan daftar kontak pengguna ke server penyerang dan mendaftarkan pengguna pada langganan berbayar yang tidak diinginkan pengguna tanpa sepengetahuan.

Malware Joker ini ditemukan pada aplikasi perpesanan bernama Color Message (“com.guo.smscolor.amessage“), namun aplikasi ini telah dihapus Play Store. Pada aplikasi ini juga simulasi klik untuk menghasilkan iklan berbahaya dan terhubung server yang berlokasi di Rusia.

color-message-google-play-store

Color Message “mengakses daftar kontak pengguna dan mengekstraknya melalui jaringan [dan] secara otomatis berlangganan layanan berbayar yang tidak diinginkan,” kata perusahaan keamanan seluler Pradeo. “Agar sulit untuk dihapus, aplikasi memiliki kemampuan untuk menyembunyikan ikonnya setelah diinstal.”

“Kami [sic] berkomitmen untuk memastikan bahwa aplikasi ini berguna dan seefisien mungkin,” pengembang di balik Color Message menyatakan dalam syarat dan ketentuan mereka. “Untuk alasan itu, kami berhak untuk membuat perubahan pada aplikasi atau membebankan biaya untuk layanannya, kapan saja dan untuk alasan apa pun. Kami tidak akan pernah membebankan biaya kepada Anda untuk aplikasi atau layanannya tanpa memjelaskan kepada Anda apa yang kamu bayar.”

Joker, sejak ditemukan pada tahun 2017, telah menjadi fleeceware yang terkenal karena melakukan serangkaian aktivitas jahat, termasuk penipuan penagihan dan penyadapan pesan SMS, detail kontak, dan informasi perangkat tanpa sepengetahuan pengguna.

Dikutip dari : The Hacker News

[Copy]