Kali ini sepak terjang Google Inc mengambil alih peruahaan startup yang mendesain aplikasi wisata sosial JetPac Inc. Jetpac diluncurkan pada tahun 2012 sebagai panduan perjalanan pengguna sosial media iPad namun kemudian mengalihkan fokus ke Instagram yang berbasis aplikasi iphone.
“Kami akan menghapus aplikasi Jetpac ini dari App Store dalam beberapa hari mendatang, dan menghentikan dukungan pada tanggal 9/15,” informasi yang tertulis di laman JetPac.
Bermarkas di San Fransisco, Jetpac menciptakan aplikasi mobile yang memanfaatkan gambar dengan menggabungan pengolahan citra, data berukusar besar dan teknologi sosial untuk memberikan rekomendasi lokasi wisata. Jetpac memberikan panduan kota bagi pengguna IPad lebih dari 6000kota seluruh dunia, yang diambil dari pengolahan gambar di instagram.
Jetpac yang didirikan oleh Julian Green dan Derek Dukes serta didanai $2,4M, sampai saat ini tidak diketahui nilai pengambilalihan oleh Google Inc.
Perlu diketahui sejak bulan Juni 2014 sudah melakukan akuisisi 9 aplikasi dari beragam perusahaan, selama bulan Agustus 2014 sudah dilakukan 2 akuisisi aplikasi antara lain Emu dan Directr sebelum mengakuisisi Jetpac.
Emu merupakan aplikasi internet mesengger di Android yang didalam terdapat sejumlah keunggulan time planner, berbagi lokasi dan pengiriman gambar. Emu sendiri didirikan oleh Gummi Hafsteinsson (mantan Product Manager dari Google) dan Dave Feldman (Director User Experience Design) berkantor pusat di Palo Alto.
Directr adalah perusahaan aplikasi mobile yang menyediakan aplikasi bagi pengguna untuk dapat membuat film yang sederhana dan indah dalam hitungan menit. App Directr secara otomatis akan mengedit / video sync pada ponsel dan berbagi sesama pengguna lainnya. Directr dididikan oleh Max Goldman dan Eli Schleifer yang berkantor pusat di Boston.
Akuisis yang dilakukan oleh Google Inc untuk memperkuat sejumlah aplikasi yang telah ada seperti Hangout (Internet Mesengger) dan You Tube. Khusus untuk Directr seluruh staf dari perusahaan tersebut akan bergabung di Google untuk memperkuat You Tube.