Spotify merilis informasi tentang pengguna layanan streamingnya telah mencapai setengah miliar orang (atau tepatnya 515 juta) berdasarkan monthly active users per 31 maret. Pertumbuhan jumlah pengguna layanan Spotiy mencapai 22 persen dibanding tahun lalu dan jumlah pelanggan premium atau berbayar mencapai 210 juta yang mengalami peningkatan 15% dari tahun ke tahun.
.@Spotify‘s strongest Q1 since going public in 2018 and the second largest quarter of MAU growth in our history. Thank you to our teams worldwide for all you accomplished. More here: https://t.co/rkCQ3HWu43 pic.twitter.com/NC8FWGG4sR
— Daniel Ek (@eldsjal) April 25, 2023
Sebelumnya pada akhir bulan Januari perusahaan melakukan perampingan dengan merumahkan 6 persen tenaga kerja diperkirakan berdampak 600 pekerja. Baru-baru ini Spotify juga mengumumkan akan menutup beberapa proyek sampingan, seperti Clubhouse-style Spotify Live audio app, and Wordle-style music game Heardle. CEO Daniel Ek mengatakan bahwa prioritas utama Spotify untuk tahun 2023 adalah “kecepatan dan efisiensi“.
Dalam hal pengguna aktif bulanan, 515 juta Spotify dibandingkan dengan 567 juta pengguna aktif bulanan untuk aplikasi Tencent Music Entertainment pada akhir tahun 2022, atau lebih dari dua miliar pengguna yang menurut YouTube mengunjungi platformnya untuk mengonsumsi musik pada tahun 2020. Tetapi ini jumlahnya bisa dibilang tidak sebanding secara langsung dengan Spotify, mengingat Tencent Music tersebar di tiga layanan streaming yang berbeda (QQ Music, Kugou dan Kuwo), dan YouTube pada dasarnya adalah layanan streaming video buatan pengguna yang juga mencakup musik.
Dikutip dari : Techcrunch dan TheVerge